Problematika Hukum Kewarisan Islam Kontemporer di Indonesia

gmbr buku

Kompilasi Hukum Islam (KHI) merupakan sekumpulan materi hukum Islam yang ditulis pasal demi pasal, berjumlah 229 pasal, terdiri dari tiga materi hukum, yaitu hukum perkawinan 170 pasal, hukum kewarisan termasuk wasiat dan hibah 44 pasal, dan hukum perwakafan 14 pasal ditambah satu pasal ketentuan penutup.

Kebutuhan adanya kompilasi hukum Islam sebagai hukum materiil di Peradilan Agama telah berlangsung sejak lama. Namun, cita-cita tersebut mulai mendapatkan respon serius sejak keluarnya SKB Ketua Mahkamah Agung dan Menteri Agama pada tanggal 25 Maret 1985 yang berisi tentang Penunjukan Pelaksanaan Proyek Pembangunan Hukum Islam melalui yurisprudensi.

Atas dasar SKB tersebut dilakukan berbagai kegiatan dalam rangka penyusun kompilasi hukum Islam. Kegiatan tersebut antara lain penelitian melalui kitab kuning oleh beberapa perguruan tinggi agama Islam se-Indonesia, penelitian yurisprudensi putusan Peradilan agama dan Pengadilan Tinggi Agama, wawancara dengan para alim ulama se-Indonesia, studi banding ke beberapa Negara di Timur Tengah, dan diakhiri dengan lokakarya tingkat nasional pada tanggal 2-5 Februari 1988 yang diikuti oleh para ulama, ahli hukum, kaum cendekiawan, dan para tokoh masyarakat. Melalui lokakarya inilah kemudian melahirkan draf kompilasi hukum Islam.

selengkapnya klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *